Dibuka Menkes RI, Bupati CEP Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Amurang – Menteri Kesehatan RI Prof. DR. dr. Nila Moeloek, Sp.M membuka secara resmi acara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang dilaksanakan di Kementrian Kesehatan, jl. Rasuna Said, Jakarta, Kamis (11/07/2019).

Kagiatan tersebut di hadiri Bupati Minahasa Selatan (Minsel) DR Christiany Egeunia Paruntu SE, (CEP) didampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Minsel dr. Erwin Schoten dan Kabag Humpro Altin Sualang, SSTP, MPA, yang di undang oleh Menteri Kesehatan karena Minsel merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang telah memliki Peraturan Daerah tentang Kawasan Merokok.

Dalam sambutannya Menkes Prof. DR. dr. Nila Moeloek, Sp.M menyampaikan bahwa angka harapan hidup masyarakat Indonesia adalah 71 tahun 4 bulan, sementara umur sehat masyarakat adalah 62 tahun. Pada tahun 2016 perokok pemula adalah 37 % sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 57 %.

Dalam kesempatan terpisah Bupati CEP menghimbau seluruh ASN untuk tidak merokok di lingkungan kantor, fasilitas umum, sekolah dan tempat ibadah.

“Dengan demikian, masyarakat bisa mematuhi peraturan dan menyadari kawasan tanpa rokok dengan benar. Mari kita mulai dari diri sendiri, untuk menguatkan kita semua agar tidak merokok di sembarangan tempat,” ujar Bupati CEP.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Minsel juga selaku Direktur RSUD Amurang Erwin Schouten berharap masyarakat Minahasa Selatan untuk selalu menjaga pola hidup sehat, juga selalu membenahi untuk menjaga lingkungan agar lebih sehat dan terlepas dari polusi. (Kiki Liando) 

Related posts

Leave a Comment