Bupati ROR Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Jakarta

Jakarta – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si,menghadiri peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD) 2019, bertempat di Auditorium Siwabbessy Kementerian Kesehatan  jl. Rasuna Said, Jakarta, Kamis (11/07/2019).

Kegiatan  ini di buka oleh Menteri Kesehatan RI Prof. DR. dr. Nila Moeloek, Sp.M, dan di hadiri oleh para Kepala Daerah. Kesempatan itu juga Kementerian kesehatan memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang telah menetapkan peraturan daerah atau kebijakan lain yang berkaitan dengan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dalam sambutannya Menkes Prof. DR. dr. Nila Moeloek, Sp.M menyampaikan bahwa angka harapan hidup masyarakat Indonesia adalah 71 tahun 4 bulan, sementara umur sehat masyarakat adalah 62 tahun. Pada tahun 2016 perokok pemula adalah 37 % sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 57 %.

Di tahun 2019 ini, kampanye berfokus pada Tembakau dan Kesehatan Paru-paru. Kampanye ini meliputi dampak negatif tembakau terhadap kesehatan paru-paru manusia, mulai dari kanker hingga penyakit pernapasan kronis. Selain itu juga tentang fungsi paru-paru terhadap kelangsungan hidup manusia.

Kampanye tahunan ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau dan paparan asap rokok. (Ronny Rantung ).

Related posts

Leave a Comment